Rabu, 07 September 2011

5 Tempat Dimuka Bumi yang Aneh dan Misterius


1.    Rio Tinto
Kawasan Rio Tinto terletak di bagian selatan hingga barat Spanyol yang berasal dari pegunungan Sierra Morena, Andalusia. Penambangan di daerah yang sebagian besar berupa sungai ini sudah dilakukan sejak zaman kuno, sehingga banyak mineral ditemukan di dalam air, terutama besi yang membuat air menjadi berwarna merah. Bahkan beberapa bakteri menikmati hidup di sana, “mengekploitasi” besi. Keanehan sungai ini besaral dari tingkat keasaman tinggi yang membuat beberapa ilmuwan mengatakan Rio Tinto sangat mirip dengan air bawah tanah Planet Mars.   Kawasan pertambangan Rio Tinto sudah tidak bisa ditinggali lagi. Tak ada sumber kehidupan. Air sudah tercemar berat, berwarna kemerahan dengan tingkat keasaman sangat rendah PH 1.7-2.5, dari PH normal 7. Kandungannya sarat dengan metal berat.



2.    Fly Geyser
Air mancur panas (Geyser) dekat Gerlach, Nevada terbilang aneh karena tidak diketahui bagaimana bisa terbentuk. Bahkan saat Geyser menyembur ke udara mencapai ketinggian 3 meter. Lebih menarik lagi Geyser ini terletak di area pribadi, sehingga tak seorang pun bisa menikmatinya dari dekat. Sang pemilik, Bill Spoo menolak kawasan “misterius” yang dimilikinya dikomersilkan. Pemandangan indah dan aneh tersebut hanya untuk dirinya. Peneliti dan fotografer harus beberapa minggu membuat jadwal sebelum melakukan kunjungan ke Fly Geyser.

3.    McMurdo Dry Valleys
Lembah kering (dry valleys) McMurdo terletak di antartika yang sebenarnya diselimuti salju. Tapi percaya atau tidak, McMurdo justru tak bersalju sehingga daerah tersebut seperti gurun terdingin di dunia. Itu bukan satu-satunya keanehan, lantaran air yang mengalir berwarna merah seperti darah akibat terkontaminasi zat besi yang sangat tinggi. Kondisi itu memperlihatkan gambaran yang berbeda dari bumi.

4.    Racetrack Playa
Lintasan Playa di California dikenal karena misteri berpindahnya batu dalam ukuran besar dari posisi semula. Batu-batu tersebut bisa bergeser hingga puluhan meter hingga meninggalkan jejak berupa lintasan tanpa diketahui kapan waktunya. Hingga kini setelah berbagai penelitian dilakukan masih belum diketahui penyebab misteri berpindahnya batu tersebut. Namun beberapa peneliti menyebutkan kuatnya angina di lembah Playa yang mengakibatkan perpindahan batu tersebut terjadi.




5.    Mount Roraima
Gunung Roraima terletak di perbatasan tiga titik antara Brazil, Guyana dan Venezuela. Selain bentuknya yang  aneh gunung ini juga misterius karena awan yang selalu dekat puncak. Bidang datar seperti meja, merupakan puncak sebenarnya, dan dianggap sebagai salah satu formasi tertua di dunia geologi. Diyakini bahwa dataran tinggi dibentuk oleh air dan angin, tetapi mengapa beberapa spesies tidak dapat ditemukan di tempat lain tetap menjadi misteri. (**)


Sumber: www.binghomepages.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar